Kayoe Aro, Kebun Teh Peninggalan Belanda Tertua di Indonesia

Posted: January 16, 2011 in Education, Fun and Facts, Information, Travel
Tags: , ,

Kayoe Aro adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kerinci, Jambi, Indonesia. Berdiri pada tanggal 12 Juni 1996 berdasarkan PP N0. 47/1996. Pusat pemerintahan di Batang Sangir. Perkebunan teh Kayu Aro merupakan perkebunan teh tertua di Indonesia.

Perkebunan teh Kayoe Aro dirintis antara tahun 1925 hingga 1928 oleh perusahaan Belanda, Namblodse Venotschaaf Handle Vereniging Amsterdam (NV HVA). Perkebunan teh ini tercatat sebagai perkebunan teh tertua di Indonesia. Perkebunan Teh Kayu Aro seluas 3.020 hektar adalah perkebunan teh dalam satu hamparan terluas di dunia, berada pada ketinggian 1.400-1.600 meter dpl yang merupakan perkebunan teh tertinggi ke dua di dunia setelah perkebunan teh Darjeling di kaki Gunung Himalaya (4.000 m dpl).

Pengawasan kualitas yang tinggi, mulai dari perawatan dan pemeliharaan tanaman, pemetikan pucuk teh, pengolahan di pabrik, hingga pengemasan dan pengiriman, teh produksi PT Perkebunan Nusantara VI (PTPN VI) ini menyandang nama harum sebagai teh dengan kualitas terbaik di dunia. Dengan aroma yang khas serta kualitas prima, sebagian besar teh produksi PTPN VI ini diekspor.

Hawa pegunungan yang sejuk, pemandangan alam yang menawan, hamparan hijau teh dengan latar Gunung Kerinci yang menjulang, kegiatan pemetikan teh hingga pengolahan teh merupakan suatu atraksi yang sangat menarik. Pada tahun 1998 perkebunan dan pengolahan teh Kayu Aro telah dikembangkan sebagai tujuan wisata yang banyak dikunjungi wisatawan domestik dan mancanegara.

Ditengah perkebunan terdapat Aroma Pecco yang merupakan sebuah taman dengan sebuah kolam, diduga pada zaman penjajahan Belanda kolam ini merupakan tempat penampungan air bagi perkebunan teh. Tersedia sampan yang dapat digunakan mengarungi kolam. Taman yang berjarak 50 m dari jalan utama ini telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas untuk menunjang kegiatan wisata. Di tempat ini, biasanya para pengunjung beristirahat sambil menikmati makanan yang dibawa. Arroma Pecco terletak di Desa Bedeng Delapan, dan dapat dicapai dari Sungai penuh setelah menempuh perjalanan sejauh ± 32 km.

10 Fakta Kayoe Aro:

1. Kayoe Aro merupakan ikon yang melegenda di Sumatera,
2. Dibuka tahun 1925 oleh perusahaan Belanda, NV. Namlodse Venotchaaf Handle Veriniging Amsterdam,
3. Penanaman pertama pada tahun 1929 dan pabriknya berdiri pada tahun 1932,
4. Teh yang dihasilkan adalah teh hitam (ortodox),
5. Salah satu teh hitam terbaik di dunia,
6. Teh Kayu Aro dinikmati oleh para bangsawan Inggris, termasuk Ratu Elizabeth sendiri.
7. Saingan terberat adalah Teh Darjeeling(India),
8. Perkebunan pada ketinggian 1.400-1.600 meter dari permukaan laut(tertinggi ke 2 di dunia),
9. Luasnya 3.020 Ha(terluas di dunia),
10. Di Kayu Aro ada 4 buah penginapan kecil, tarif bermalam rata – rata 6000 – 7500 rupiah satu malam.

sumber: http://www.kaskus.us

by 3r0nZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s