Perpustakaan Multifungsi Terbuat dari Bambu di Vietnam

Posted: January 13, 2011 in Education, Information
Tags: , ,

Adanya Pergeseran dari pertanian ke industri telah menyebabkan perubahan pola hidup terhadap orang-orang di vietnam. Tidak seperti negara-negara berkembang dan maju termasuk dinegara kita sendiri, Vietnam telah melihat penduduk mereka yang mana mereka sangat tertarik terhadap kota-kota besar dengan merantau untuk mencari upah yang lebih tinggi. Dengan adanya perubahan nilai etos kerja dan divergen, negara ini cepat melihat disintegrasi sistem dari pendidikan mereka, dan pelayanan publik telah menjadi semangat identitas budaya mereka. Arsitek Kien Tieng merancang design rumah Desa suoi re di vietnam sebagai tempat multi fungsi berkumpulnya warga desa yang ingin berkumpul dan bercakap-cakap dan mengambil ilmu dari perpustakaan. Dibangun dari bahan lokal, bambu dan daun kelapa yang juga dilengkapi dengan sistem sel surya, tangki air hujan, pemanasan bumi, hemat listrik dan masih banyak lagi.

  • architects: Hoàng thúc hào, nguyễn duy thanh
  • Architects and Invester: 1+1>2 group
  • Location: Suoi re village, luong son, hoa binh province, Vietnam
  • Project year: 2010

Terletak di suoi re, luong putra, di provinsi hoa binh, rumah masyarakat dibangun dengan konsep alami yang bersandar di kaki di pegunungan dan terbentang didepan lembah yang luar biasa. Kontekstual sekitarnya, serta tipologi arsitektur kinh dan muong dibangun dengan interior struktur yang modern sebagai pembanding dari luar ke dalam bangunan. Secara keseluruhan ruangan diatur secara berkesinambungan dimana ruang depan terdapat halaman yangg terbuka, ruang tamu utama terletak di tengah rumah dan terdiri dari dua lantai yang saling menyatu.

Di lantai atas kita dapat menemukan area ruang belajar, perpustakaan dan tempat pertemuan. Secara keseluruhan, pemanfaatan ruangan terbuka dan fleksibilitas adalah titik fokus dalam menentukan tata letak dari perencanaan bangunan ini. Lantai dasar dibangun dengan batuan yang halus, sementara pintu bambu penutup lorong-lorong dan langit-langit bambu yang menghangatkan ruangan dibangun dengan mode yang sederhana dan ekonomis dengan bahan lokal. Sebuah dinding tanah dengan ornament batu-batu yang mendukung struktur, dan rangka atap bambu juga akan dihiasi dengan daun kelapa untuk memberikan memberikan perlindungan dari atas.

Master Planning

Proses Pembangunan

Tampilan Akhir

sumber: http://www.kaskus.us

by 3r0nZ

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s